No current events.

Show ArchiveEMailPrint

Paket Wisata Kalimantan

Paket Wisata Kalimantan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Gugusan kepulauan di Derawan semua terletak di Laut Sulawesi yang juga berbatasan dengan Malaysia.

LINGKUNGAN

Pulau Derawan, yang merupakan pulau berpenduduk dengan 3 RT (Rukun Tetangga). Terdapat banyak penginapan, homestay mulau Non-AC, juga AC atau untuk anda yang

mempunyai budget lebih dapat menyewa kamar di beberapa resort yang masih cukup terjangkau disini. Di pulau ini kita juga dapat menyaksikan atraksi penyu liar yang banyak mencari makan disepanjang pesisir pulau ini, bahkan sampai ke kolong penginapan yang terletak diatas laut, selain ada juga atraksi melihat penyu bertelur di Derawan Dive Resort di ujung pulau ini.

Pulau Maratua yang dapat ditempuh dalam 1,5-2 jam dengan Speedboat yang biasa dipergunakan untuk snorkeling/diving. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur. Pulau berbentuk huruf V kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Tarakan dan Derawan. Di pulau ini terdapat pula penduduk yang menyediakan homestay Non-AC maupun Ber-AC, untuk paketnya tersedia disini, selain di Maratua Paradise Resort yang lebih mahal dan berlokasi diatas laut dengan paket tertera disini.

altSelain Pulau Maratua, ada juga Pulau Kakaban yang juga lebih menarik perhatian turis-turis mancanegara karena keunikannya, salah satunya adanya 2 Danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban yang berisi Ubur-Ubur Tanpa Sengat atau Stingless Jellyfish sedangkan danau satunya hanya berisi Koral dan Ikan yang layaknya berada dilaut, kita juga menyaksikan terdapat banyak Nudibranch sampai Si Nemo dan anemonnya didanau tersebut yang harus diakses melalui gua, yang pendek saja akan tetapi harus saat air surut. Tidak perlu ke Palau di Filipina untuk dapat menikmati sensasi berenang bersama Stingless Jellyfish, cukup ke pulau ini saja. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik yang berbeda altpada kebanyakan kawasan danau lain di dunia.

Selain 2 (dua) pulau diatas ada juga Pulau Sangalaki. Pulau ini memiliki lagon dangkal berdasar pasir dan ditumbuhi oleh karang dan lamun. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, yang terkenal adalah Pari Manta / Manta Ray. Ikan Pari Manta biasa berkelompok di perairan pulau ini dan dapat berkumpul hingga 20 ekor pari pada saat terang bulan. Mereka menuju ke pulau ini untuk mencari makan berupa bermacam-macam jenis plankton yang banyak terdapat di perairan ini. Ikan yang bertubuh raksasa ini sangat anggun seolah melayang diatas air seperti kupu-kupu dan dapat kita dekati untuk difoto bersama.

Ada juga Pulau Nabucco yangmerupakan jantungnya keindahan di Pulau Maratua dan Pulau Nunukan/Bakungan lebih sepi dengan pemandangan laut lepas yang indah dengan paket disni, yang merupakan cottage mewah yang juga dapat dipergunakan sebagai sarana menginap dengan fasilitas yang mewah dan sangat baik. Untuk keterangan lebih lanjut berikut mengenai Paket Wisata pulau ini  disini.

 

TRANSPORTASI

Untuk menuju ke Derawan ada 2 alternatif yaitu:


1. VIA TARAKAN, Speedboat tersedia lebih besar, dengan kapasitas jumlah penumpang 10-20 orang. Lama perjalanan berkisar antara 3-4 jam. Oiya, tiket JKT/CGK – TRK lebih murah ketimbang via Berau/BEJ dengan beda 300-500rb/per filght. Cukup menjadi alternatif bagi yang ingin ekonomis dan jumlah peserta lebih banyak. Jarak antara Airport Juwata ke Pelabuhan Tengkayu hanya 10-15 menit saja, selain ada kelebihan lainnya yaitu adanya Koservasi Bakau dan Bekantan yang dapat kita nikmati selepas wisata di Derawan.

2. VIA BERAU, Speedboat tersedia lebih kecil, dengan kapasitas jumlah penumpang 2-5 orang, meski ukuran lebih besar juga tersedia. Lama perjalanan hanya 15-20 menit saja. Akan tetapi jarak antara Airport Karimau BERAU ke Pelabuhan Tanjung Batu cukup jauh, yaitu 2-3 jam perjalanan dengan mobil penumpang melewati beberapa pemandangan hutan dan penambangan batubara dan kondisi jalan yang mulus.
altSeluruh kegiatannantinya akan mempergunakan Speedboat tersebut, seperti mengunjugi Pulau Kakaban, Sangalaki, Maratua, Snorkleing, Spot Snapper atau Manta Point dan lainnya, dijamin cepat bukan? Berikut foto mengenai Speedboat yang dipergunakan.
 

KEGIATAN

Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai memancing, bersnorkeling maupun menyelam apabila mengunjungi pulau ini. Untuk anda yang ingin berfoto bersama penyu, cukup didepan penginapan (beneran didepan penginapan kok, buka pintu kamar langsung laut dengan banyak penyu liar) sudah banyak penyu liar yang mencari makan disekitaran pulau Derawan ini.

Bagi anda yang hobi diving (menyelam) juga disewakan ditempat ini. Jadi jangan lewatkan waktu untuk tidak menikmati surga dunia di Pulau Derawan.

Seperti paket wisata lainnya yang dikelola oleh tebejowo, kami memberikan layanan foto dalam air (underwater) sebagai bahan dokumentasi ataupun menggunakan kamera SLR untuk hasil foto yang lebih baik selama kegiatan berwisata di pulau ini.

  
 
Date Title Venue City State Type
Currently no events are available

Facebook Fan Page

EventList Calendar

<<  September 2017  >>
 Mon  Tue  Wed  Thu  Fri  Sat  Sun 
      1  2  3
  4  5  6  7  8  910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Latest Events

No current events.

Ask A Question