Photo Gallery || Photo Gallery & Blogs

Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimun Jawa terletak pada 5o 40’ LS dan 110o 40’ BT, berjarak 45 mil atau kurang lebih 83 KM arah Barat Laut Kabupaten Jepara, jika dari Semarang berjarak 60 mil atau 110 KM Laut.

Wilayah Karimunjawa yang terdiri dari 7.120 ha daratan dan 110.117,30 ha perairan, memiliki 27 (dua puluh tujuh) pulau, yang terdiri dari : Karimun, Kemujan, Parang, Genting, Nyamuk, Bengkoang, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Galeang, Menyawakan, Seruni, Merica, Kembar, Katang, Kumbang, Krakal Besar, Krakal Kecil, Batu, Cemara Besar, Cemara Kecil, Burung, Sintok, Tengah, Kecil, Gundul, Cendikian dan Sambangan.

Bagi Anda yang ada rencana melewati libur weekend di Karimun Jawa, mungkin catatan ini bisa sedikit membantu memberi gambaran tentang Karimunjawa.

alt

RUTE KE KARIMUN JAWA

Untuk rute menuju ke Jepara, klik disini.

Ada pepatah yang mengatakan: Banyak jalan menuju Roma. Tapi untuk menuju Karimunjawa hanya ada dua jalan: Laut dan Udara. Sementara ini, perjalanan lewat udara belum tersedia dalam penerbangan reguler, sehingga Anda harus menyarter pesawat terbang dari AVIASI Semarang (024. 761. 2282). Tersedia Jenis Pesawat Cesna, sedangkan melalui Jalan Laut, ada 3 (tiga) Kapal yang melayani perjalanan Reguler ke Karimunjawa:

Dokumentasi Paket Wisata Karimunjawa

 

 

Kapal Motor Penumpang (KMP) Muria / Siginjai Jepara - Karimun Jawa

Jarak Tempuh + 4 Jam saja. KMP SIGINJAI diberangkatkan sekali sehari saja dari Jepara Pkl. 08.00 atau 09:00 Wib untuk kemudian besoknya berangkat dari Karimunjawa Pkl, 08:00 WIB ke Jepara. Berbeda dengan trayek KMC Kartini 1 yang hanya untuk penumpang, KMP MURIA juga melayani penyeberangan barang dan kendaraan bermotor.

alt

Jika ada pembatalan karena cuaca buruk, secara otomatis jadwal akan mundur ke hari berikutnya, yang menyebabkan sesmua jadwal akan mundur. Untuk informasi update, bisa dilihat di jadwal penyeberangan KMP Muria Jepara-Karimun Jawa atau telpon langsung ke

 

PT. ASDP INDONESIA FERRY (Persero) Cabang Jepara,  Jl. Kol. Sugiono No. 290, Jepara, Jawa Tengah.

Walaupun KMP MURIA Melayani penyeberangan kendaraan bermotor, saya tidak menyarankan untuk membawa kendaraan pribadi ke Karimunjawa. Alasannya sederhana: Maksimal wisatawan hanya akan berada 4 Hari di karimunjawa. 2 hari digunakan untuk perjalanan dari Jepara-Karimunjawa pp, 2 hari lagi dihabiskan untuk perjalanan wisata ke Pulau-pulau kecil di Karimunjawa.

 

 

Kapal Motor Penumpang (KMP) Bahari Express (Jepara – Karimun Jawa)alt

Jarak Tempuh Jepara - Karimunjawa  ±2 Jam. Berangkat dari pelabuhan Kartini Jepara dengan jadwal seperti terlampir data tabel dibawah ini:

 

 

 

Kapal Motor Cepat (KMC) Kartini 1 (Semarang – Karimunjawa)

Jarak Tempuh Semarang Karimun Jawa ±4 Jam. Berangkat dari pelabuhan Tanjung Mas tiap hari Kamis dan Sabtu, Jam 08.00 WIB. Perjalanan kembali dari Karimun Jawa ke Semarang Hari Minggu 14.00 WIBalt

Setiap Minggu pertama dan Minggu kedua, ada jadwal keberangkatan pada Hari Kamis, Pukul 07.00 WIB dengan Rute Semarang – Jepara – Karimun Jawa, dan kembali dengan rute karimunjawa – Jepara – Semarang hari Selasa, Pukul 11.00 WIB

 

 

 

KEGIATAN DI KARIMUN JAWA

Perairan disini sangat bagus untuk mereka yang memiliki hobi senorkeling atau diving walaupun tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang hobi swimming dan fishing.

 

alt

Tidak perlu repot-repot untuk membawa peralatan senorkeling and diving, karena di karimunjawa kita bisa menyewa alat-alat tersebut.

Untuk senorkeling, Anda tidak harus bisa berenang. Tidak perlu takut tidak bisa menikmati keindahan terumbu karang. Guide di karimunjawa sangat terlatih dalam menemani wisatawan baik yang bisa berenang ataupun tidak. Bagi yang tidak bisa berenang diwajibkan untuk menggunakan life fest, bagi yang bisa berenang, disarankan menggunakannya juga, agar lebih safe.

alt

Sementara untuk diving, Karimunjawa memiliki spot-spot diving asli (bukan buatan) yang sangat bagus untuk diving. Bagi

 

pemula, diwajibkan bisa berenang. Buat Anda yang  bisa berenang, yah… belajar berenang dulu baru belajar menyelam

MAKANAN

Tidak perlu kuatir tentang makanan jika anda tidak minta yang macam-macam seperti misalnya harus ada hamburger buat makan siang, atau pizza buat makan malam, atau iga bakar lada hitam buat camilan (hehehe). Tidak perlu kuatir selama anda bisa mengkonsumsi makanan laut. Buat yang alergi atau tidak suka makanan laut,  ada beberapa pilihan seperti mie atau ayam dan sayur-sayuran. Agak sedikit susah mencari roti tawar dan  keju disini. Apalagi kalau mau memesan Milk Shake, Banana Split atau ice cream. Kuliner yang paling menarik adalah Baso Ikan, tersedia dibeberapa warung di Alun-Alun Karimun Jawa.

 

alt

TRANSAKSI KEUANGAN

Tidak ada bank besar disini.  Jadi jangan harap anda bisa berangkat hanya bermodalkan kartu ATM dan kartu kredit. Semua pembayaran harus menggunakan cash. Cuma di beberapa tempat (seperti travel agen atau resort besar)  menerima pembayaran melaluimobile banking atau kartu kredit dengan dikenakan biaya administrasi.

 

TRANSPORTASI DARAT

Tidak ada transportasi darat umum disini. Namun anda bisa menemukan becak, ojek, dan mobil pribadi (espass, pick up or L-300) yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp. 25.000 – Rp. 35.000 per trip.

 

CUACA

Sangat sulit untuk memperkirakan cuaca. Bulan yang saya rekomendasikan adalah Maret s.d. Desember tiap Tahunnya. Untuk informasi perkiraan tinggi gelombang, bisa klik disini.

Oya, jika cuaca bagus, saran saya, datang ke Karimunjawa pada tanggal 11-15 tiap bulannya. Bulan Purnama-nya tidak kalah dengan ‘Denpasar Moon yang lagi shining on the empty street !’

 

 

alt

 

 

 

 

 

Comments

Guest 2012-01-13 16:15 #3

This comment has been deleted by Administrator

Guest 2012-01-13 13:19 #2

This comment has been deleted by Administrator

Guest 2012-01-13 12:32 #1

This comment has been deleted by Administrator

Facebook Fan Page

Our Blog

tebejowo Blog
Vacation, Rafting, Paintball, Outbound (TSEL/WA) 0812 8120 4400
Ask A Question