Print
PDF

PULAU PASIR - BELITUNG

Tidak jauh dari lokasi pantai Tanjung Kelayang, terdapat salah satu pulau unik yang hanya bisa dikunjungi pada saat air laut sedang surut. Pasir namanya, yaitu pulau unik yang terdapat di Belitung yang sangat indah karena lokasi pulau ini terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain. Di pulau pasir ini selain bisa bermain-main dengan pasir putih yang lembut, pengunjung bisa berfoto bersama dengan bintang laut yang banyak terdapat diperairan sekitar pulau ini. Waktu yang ditempuh untuk mengunjungi pulau ini sekitar 15 menit dari pantai Tanjung Kelayang dengan menggunakan kapal tradisional bermesin.

Pulau Pasir sebenarnya bukanlah sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hany

alt

a terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut. Pulau ini tidak luas, hanya terdiri kurang lebih setengah lapangan bola. Tidak ada benda lain di pulau ini selain tumpukan pasir putih yang halus, kondisi ini juga bisa ditemui di Karimun Jawa, Pulau Harapan dan di Pulau Derawan.

Jika anda berkunjung ke pulau Pasir, ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Jangan segan untuk menyeburkan diri ke laut di sisi Utara pulau pasir. Airnya jernih dan dangkal dan di bawahnya hanya ada pasir putih halus dalam sebaran yang landai dan luas. Lihatlah ke dasar laut, anda akan menemukan binatang spesial penghuni pulau pasir. Mereka adalah bintang laut merah besar. Bintang laut ini banyak sekali tersebar di perairan sekitar pulau pasir. Pengunjung biasanya tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto bersama makhluk-makhluk unik ini. Bintang laut adalah binatang spesial penghuni pulau pasir. Bintang Laut ini tidak menggigit ataupun mengeluarkan racun sehingga tidak membahayakan pengunjung yang ingin berfoto sambil memegangi makhluk cantik ini.

Untuk menjaga kelestarian alam, DILARANG MEMBAWA BINTANG LAUT KE LUAR PULAU. Jika anda mengambil bintang laut untuk berfoto, harap jangan dibiarkan di udara terlalu lama agar binatang ini tidak mati. Segera kembalikan bintang laut ke air setelah anda berfoto. Bintang laut ini tidak menggigit dan tidak juga mengeluarkan racun.alt

Selain itu, jaga keselamatan kjarena di pesisir selatan Pulau Pasir arus laut cendrung deras, meskipun laut cukup dangkal. Jadi tidak disarankan untuk mencari bintang laut di sisi selatan pulau. Harap selalu gunakan jaket pelampung pada saat menceburkan diri ke laut, seandainya anda tertarik arus, anda tetap akan aman.

Tertarik untuk mengunjungi bersnorkeling dan Island Hopping di Belitung dengan harga yang hemat dan jaminan tidak ada biaya tambahan? Segera hubungi kami, TEBEJOWO Island Adventure disini.

alt

alt RELATED ARTICLE alt

Ask A Question