No current events.

alt Jakarta
alt 2 pulau (Besar dan Kecil)
alt 4,148 jiwa   *2010
alt 1 jam Speedboat, 2,15 Fery Angke
alt Homestay AC, NO Hotels, NO Cottages

Mengenai Pulau Tidung

Pulau ini sudah didiami penduduk sejak zaman penjajah Belanda. Dalam buku Sejarah Djakarta, disebutkan bahwa ketika Fatahillah menyerbu Malaka, beliau dan pasukannya memanfaatkan pulau-pulau yang ada di Teluk Jakarta sebagai tempat mengatur strategi. Salah satu pulau itu diberi nama Pulau Tidung, artinya pulau tempat berlindung.

Berlokasi di salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang secara geografis adalah berada antara 06°00’40” dan 05°54’40” Lintang Selatan dan 106°40’45” dan 109°01’19” Bujur Timur. Total luas wilayah daratan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 897.71 Ha (ukuran ini cukup kecil untuk ukuran kabupaten) dan luas perairan Kepulauan Seribu mencapai 6.997,50 km2. Pada bagian barat, terdapat beberapa pulau kecil yang dikenal dengan Pulau Tidung Kecil sedangkan Pulau Tidung Besar sebagian besar telah dipergunakan sebagai tempat permukiman penduduk dan sebagian lagi digunakan sebagai area resort wisata.

alt

LINGKUNGAN

Pulau Tidung adalah pusat Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pulau ini dihuni oleh lebih dari 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya nelayan. Di sebelah timur pulau ini terdapat Pulau Tidung Kecil.  Kedua pulau ini tersambung oleh sebuah jembatan kayu yang sangat indah. Kita bisa menyusuri jembatan itu sambil melihat ke bawah laut yang bening dengan pemandangan karang-karang dan ikan yang beraneka warna. Panjang jembatan sekitar 800 meter dimana saat ini beberapa bagian jembatan yang terbuat dari kayu sudah digantikan dengan beton untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, selain itu lebih tahan lama.

Di sekitar jembatan terdapat beberapa keramba ikan kerapu milik nelayan setempat. Meskipun bukan pulau resort wisata, tetapi pulau ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat rekreasi bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana pulau dengan biaya murah. Air lautnya yang bening dan hamparan pasir putih di tepi pantainya sangat indah untuk dinikmati. Belum lagi pesona sunrise dan sunset yang indah setiap harinya. Maka tidak heran jika para pengunjung menyebut pulau ini sebagai surga baru atau new paradise bagi komunitas pecinta wisata di tanah air. Berbagai aktifitas seperti watersport diantaranya jetski, banana-boat ataupun donut telah bisa dinikmati sementara tetap menyediakan tempat yang menarik untuk aktifitas utama seperti berenang ataupun memancing.

alt

TRANSPORTASI

Untuk mencapai Pulau Tidung ada beragam sarana transportasi laut yang dapat menajdi pilihan pengunjung, disertai dengan lokasi keberangkatannya. Yang paling popular adalah pemberangkatan menggunakan Kapal Ferry (Ojek Laut) yang akan mengantarkan anda ke Pulau Tidung dari Pelabuhan Muara Angke yang ditempuh dalam 2-3 jam. Dengan dukungan safety yang terus diperbaiki, kapal ini akan memuat 100-200 penumpang dalam sekali jalan, tergantung besar kecilnaltya kapal. Untuk pilihan yang lebih ekslusif ada Speedboat yang berangkat dari Marina, dengan pemberangkatan yang bisa kita tentukan (biasanya carter) akan mengantarkan pengunjung ke Pulau Tidung dalam waktu 1-1,5 jam dengan kapasitas kapal yang bervariasi mulai 15, 20, 25, 30.

alt

Atau ada pula layanan kapal cepat lainnya dari Muara Angke adalah MV Citra Jet dengan kapasitas 200 penumpang kapal cepat ini akan mengantarkan pengunjung dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Tidung dengan waktu 1,5 jam saja, sedangkan alternatif lain yang saat ini sedang berkembang yaitu pemberangkatan ke Pulau Tidung melalui Pelabuhan Rawa Saban, Tangerang dengan jarak tempuh 1-1,5 jam menggunakan kapal ojek dengan ukuran lebih kecil dari saudaranya doi Muara Angke, yaitu kapasitas 60-80 orang.

 

 

KEGIATAN

Pengunjung bisa mancing di dermaga atau di jembatan atau menyewa kapal nelayan, dengan harga relative murah. Kegiatan diving dan snorkeling juga oke, apalagi sekarang sudah banyak tersedia penyewaan  peralatan snorkling dan diving plus guide dan kapal kecilnya. Beberapa diantaranya seperti juga tebejowo, memberikan layanan foto dalam air (underwater) sebagai bahan dokumentasi ataupun menggunakan kamera SLR untuk hasil foto yang lebih baik, tanpa biaya tambahan!

alt alt alt alt alt

Pantai yang luas dan indah juga sangat cocok bagi pengunjung yang membawa serta keluarganya, baik yang lanjut usia maupun masih balita.

Dengan pesona sunrise dan sunset yang indah setiap harinya, maka tidak heran jika para pehobi foto kerap terlihat diantara pengunjung untuk mengabadikan momen indah tersebut.

alt

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai Paket Wisata Pulau Tidung klik disini.

 

alt

Your Adventure

Find adventure that suit your personality, lifestyle and soul! Plan your next vacation here and make the big move!
   

Follow Us

Follow us on Social Media! Get the latest news, photos and videos of your vacation destination, outdoor adventures or corporate events!
 
facebook-on instagram-on youtube-on twitter-on blogger-on

Latest Promo

Scan barcode with your phone to find our Monthly Promo Package!
   
Ask A Question