No current events.

alt

Secara geografis Pulau Belitung (Melayu ; Belitong) terletak pada 107°31,5' - 108°18' Bujur Timur dan 2°31,5'-3°6,5' Lintang Selatan. Secara keseluruhan luas pulau Belitung mencapai 4.800 km˛ atau 480.010 ha.Pulau Belitung disebelah utara dibatasi oleh Laut Cina Selatan, sebelah timur berbatasan dengan selat Karimata, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa dan sebelah barat berbatasan dengan selat Gaspar. Di sekitar pulau ini terdapat pulau-pulau kecil seperti Pulau Mendanau, Kalimambang, Gresik, Seliu dan lain-lain. Belitung merupakan kepulauan yang terbesar adalah pulau Belitung, kedua terbesar adalah Pulau Selat Nasik, sejarah Belitung dahulu juga mengalami beberapa pemerintahan raja-raja. alt

Belitung, atau Belitong ( yang dalam bahasa melayu setempat diambil dari nama sejenis siput laut), dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar ( selat antara belitung dan bangka ) dan Selat Karimata ( selat diantara belitung dan kalimantan tepatnya kalimantan barat/pontianak ) Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) namun sayangnya penduduk setempat sudah mulai meninggalkan tanaman lada putih ini, di Belitung lada yang dihasilkan benar2 berwarna putih bukan lada hitam didalam bahasa setempat belitong disebut "sahang" dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih (Stannuum), pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam karena terkenal dengan film laskar pelanginya yang dimana di Belitong inilah tempat shooting film laskar pelangi itu. Kota utamanya adalah Tanjung Pandan, bila anda berkunjung ke Tanjung Pandan jangan lupa ke museum Tanjung Pandan untuk melihat sejarah Belitung.

 

LINGKUNGAN

Sekarang ini Pulau Belitung terbagi menjadi 2 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Belitung Barat beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar, jarak tempuh dari Tanjung Pandan ke manggar adalah sekitar 1 (satu) jam perjalanan dengan mobil.

Sebagian besar penduduk Pulau Belitung ini, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai, sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan menjadi makanan sehari-hari penduduknya. masakan khas melayu belitung adalah "Gangan" semacam sup yang dimasak segar, jangan lupa makan gangan bila berkunjung ke belitung tentunya. kekayaan laut belitung terbukti dengan banyaknya perusahaan pengekspor ikan dan hasil laut lainya di Belitung anda bisa lihat di pasar ikan tanjungpandan berdiri pabrik-pabrik ikan besar yang sebagian besar dari hasilnya di ekspor ke luar negeri, selain itu Belitung juga dikenal sebagai penghasil timah yang sudah sejak zaman kolonial Belanda telah dimulai penambangan timah disini, akan tetapi laut belitung masih sangat terjaga dari aktivitas tambang laut.??Penduduk Belitung sebahagian besar adalah asli Melayu Belitong bertutur kata melayu yang sebahagian bahasanya mirip dengan tutur bahasa malaysia, penduduk kedua terbesar adalah keturunan tionghoa HAKKA atau kek dan Hokian sebagian kecil, disamping itu suku bangsa lain yang banyak mendiami pulau belitung adalah suku bugis, jawa, madura, palembang, dan sebagian kecil orang bali yang pindah kebelitung karena transmigrasi anda bisa melihat perkampungannya di wlayah sijuk dengan nama kampung balitung.

alt

TRANSPORTASI

Berwisata Pulau Belitung mudah kok, anda tinggal cek tanggal keberangkatan anda, lalu pesan pesawat secara online ata datang ke agen tiket pesawat, selebihnya kami TEBEJOWO yang akan menyiapkan untuk anda! Mulai dari hotel pilihan anda, kendaraan/mobil sampai dengan makan dan kebutuhan anda selama disana. Karena sarana transportasi di Belitung ini sungguh masih sangat minim. Moda angkutan kota pun hanya sesekali tampat terlihat, bila ojeg ada di lingkaran kota saja, belitung relatif sepi ya, kotanya bersih dan sangat tidak pernah anda lihat ada pengemis dibelitung ini.

Pesawat ke Belitung hanya dilayani 3 maskapau yaitu Sriwijaya, Citilink dan Garuda. Belitung mempunyai bandar udara sendiri bernama Bandara HAS Hanandjoedin di Tanjunpandan (TJQ). Bila anda berniat berkunjung ke Belitung ya sebaiknya anda tidak membooking hotel ditempat langsung karena akan menyulitkan anda, apalagi anda datang pada saat weekend atau peak season, karena kebanyakan room hotel itu sudah habis dipesan tamu atau biro perjalanan wisata untuk tamu yang berkunjung kebelitung. jadi pesanlah jauh - jauh hari.

alt

KEGIATAN

Yang tentunya menarik untuk diketahui, di pulau ini juga banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi. Belitung sekarang sudah bersolek dengan banyaknya pembangunan kepariwisataan didaerah ini, hotel berbintang banyak berdiri dipulau ini, dari mulai bintang dua sampai bintang lima, benar-benar dampak kemajuan pariwisata sudah sangat terasa di belitung ini.

Dari 2 pulau kecil ini saja, ada 950 pulau kecil didalamnya. Ini membuktikan begitu kaya-nya Indonesia kita tercinta ini.

Pulau Bangka dan Belitung terkenal dengan keindahan pantainya. pada umumnya pantai di Bangka dan Belitung berpasir putih dan halus dan ada juga yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi.

Pantainya landai dengan ombak lumayan besar dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik dan indah.

Khusus Pulau Belitung merupakan pulau yang indah dengan pasir putih, pemandangan unik dengan pantai pasir putih yang asli dihiasi oleh batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dan dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Salah satu pantai terbaik dan unik di Indonesia seperti:

Obyek wisata lainnya adalah lain:

  • Lokasi SDN Muhammadiya Film Laskar Pelangi di Gantung
  • Bendungan Pice
  • Jembatan Gantong
  • Rumah Adat Belitung di Tanjung Pandan
  • Danau Kaolin
  • Vihara Dewi Kwan Im di Sungailiat
  • Wisma Ranggam Mentok
  • Museum Timah Pangkalpinang
  • Mesjid Jami’ Pangkalpinang
  • Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
  • Taman Pha Kak Liang di Belinyu
  • Kolam Pemandian Air Panas di Pemali

alt alt

Begitu banyak lokasi wisata di Pulau ini, sehingga tidak cukup perjalanan 3 hari 2 malam dapat menjelajahi seluruh objek wisata yang tersebar disini, mungkin tempat-tempat lainnya dapat kunjungi nanti bersama di trip kemudian.

 

Tertarik berwisata bersama kami TEBEJOWO di Belitung? Klik disini

alt

Your Adventure

Find adventure that suit your personality, lifestyle and soul! Plan your next vacation here and make the big move!
   

Follow Us

Follow us on Social Media! Get the latest news, photos and videos of your vacation destination, outdoor adventures or corporate events!
 
facebook-on instagram-on youtube-on twitter-on blogger-on

Latest Promo

Scan barcode with your phone to find our Monthly Promo Package!
   
Ask A Question